Pages

Belajar Hand Lettering

Wednesday, January 20, 2016

Bismillaahirrohmaanirrohiim...

Sudah sejak pertengahan 2015 kemarin saya mulai tertarik dengan dunia hand lettering. Berawal dari ketidaksengajaan bertemu dengan Instagram artis-artis hand lettering dari luar maupun dari dalam Indonesia. Ma syaa Allaah sungguh indah karya-karyanya.. dalam hati ingin bisa seperti mereka karena memang sudah sejak lama suka menghias-hias huruf, mungkin tepatnya sekitar SMP :)

Dulu ketika SMP hobby menghias huruf tersalurkan lewat mading sekolah. Atau biasanya nulis judul tiap bab pelajaran di buku catetan dengan huruf yang dihias2 :D Kebanyakan pake ballpoint atau spidol. Belum pernah pake kuas, karena saya emang ga bisa gambar (menurut saya dulu, kuas itu identik dengan melukis bukan buat menulis :D) SMK jurusan teknik, tapi sepertinya memang darah seni tidak bisa dihilangkan dari tubuh ini hehehe... Buktinya setelah menikahpun pekerjaan di dunia art&craft yang saya ambil sebagai sambilan dari pekerjaan utama saya 'momong anak' :) Dan sejak hamil anak ketiga saya off mengerjakan kaos flanel di Cahyoning Kreasi Handmade

Hidup adalah pilihan.. dan saya memilih berhenti di dunia jahit menjahit karena terbatasnya waktu yang saya punya, dan mungkin karena kurangnya kemampuan saya memanage waktu sehingga dulu selalu berkejar-kejaran dengan deadline pesanan customer dan kebutuhan anak-anak dan suami untuk mendapat perhatian lebih dari saya. Ya.. saya merasa dzholim pada mereka :( mengerjakan sesuatu yang saya sukai padahal bukan tanggung jawab saya dan melalaikan yang sebenarnya tanggung jawab saya, astaghfirullaah.. maafkan bunda yaa nak...

Lhaaa.. kok jadi curhat ini ceritanya, padahal niat mau cerita tentang awal perkenalan dengan hand lettering malah jadi panjang begini hihihi :D Dan sekarang sampailah saya pada titik ini.. 

Bismilillaahirrohmaanirrohiim saya memilih dunia hand lettering untuk lebih saya dalami lagi. Semoga Allaah, suami, dan anak2 meridhoi. Makin membuat saya mendekat pada Allaah dan semoga kesenangan ini tidak membuat saya lalai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab saya sebagai istri, ibu, dan hamba Allaah aamiin allaahumma aamiin.. Senangnya kalau lettering tidak makan banyak waktu jadi anak-anak tidak protes ketika bundanya sedang belajar, malah mereka ikutan latihan menulis dan menggambar, alhamdulillaah.. Ibu dan anak sama gembira :D

Untuk saat ini saya sedang fokus belajar hand lettering dengan menggunakan kuas/brush. Saya baru memberanikan diri mencoba membeli peralatan brush lettering di bulan Januari 2016 setelah kurang lebih 6 bulanan kepoin artis-artis hand lettering :D
Peralatan yang saya gunakan saat awal-awal belajar brush lettering adalah:

  • Tinta Cina Yamura 5 ribuan 
  • Lyra Art Brush 00 7 ribuan

Benar-benar basic banget dan murah meriah tentunya :) Untuk awal gunakan peralatan yang ada saja sambil terus berlatih. Hal ini sangat penting untuk memaksimalkan kemampuan lettering kita. Istilahnya 'memantaskan diri' :) Nah ketika tiba waktunya kita memakai peralatan lettering yang lebih bagus in syaa Allaah kemampuan kita sudah pantas memakai alat-alat yang lebih canggih hehehe *IMHO*

Semoga nantinya blog ini bisa menjadi kenangan perjalanan belajar saya dalam dunia hand lettering dan semoga teman-teman yang sedang belajar hand lettering juga bisa mengambil manfaat dari blog ini aamiin.. :)
Yuk yang mau belajar lettering, yuk belajar bersama ;)

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS